Senin, 24 November 2008

Presiden Silaturahmi dengan Buruh dan Pengusaha di Magelang

Presiden Susilo Bambang Yudoyono akan melakukan silaturahmi dengan para buruh, pengurus serikat buruh, pengurus Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), dan anggota tripartit nasional di Magelang, Jawa Tengah, Jumat (2/5).

"Kunjungan Presiden itu dalam rangka membangun hubungan industrial yang harmonis dan pengembangan usaha kecil menengah (UKM)," kata Kepala Bagian Informasi dan Komunikasi Pemkab Magelang, Asfuri Muhsis, di Magelang, Rabu.

Menurut rencana, katanya, kegiatan Presiden yang didampingi Ibu Negara, Ani Bambang Yudoyono, berlangsung di perusahaan karoseri, P.T. Mekar Armada Jaya, Mertoyudan, Kabupaten Magelang dan bertatap muka dengan perajin pahat di kawasan Prumpung, Muntilan, Kabupaten Magelang.

Presiden juga didampingi antara lain Mendiknas, Bambang Sudibyo, Menakrestrans, Erman Suparno, Dirut P.T. Jamsostek, Dirut Bank BNI, Dirut Bank Mandiri, dan pejabat pusat serta Provinsi Jateng lainnya.

Pada kesempatan itu, katanya, Mendiknas Bambang Sudibyo akan menyerahkan bantuan 10 unit mobil Taman Bacaan Masyarakat Keliling untuk Provinsi Jateng diterima Gubernur Jateng, Ali Mufiz dan satu unit perangkat laboratorium Bahasa Inggris dan komputer untuk Kabupaten Magelang diterima Bupati Magelang, Singgih Sanyoto.

Menakertrans Erman Suparno pada kesempatan itu juga akan menyerahkan bantuan kemitraan usaha kecil untuk Koperasi Mitra Karya Agung dan "mobile training unit" kepada Gubernur Jateng, Ali Mufiz.

Pihak P.T. Jamsostek secara simbolis akan menyerahkan beasiswa sebesar Rp20 miliar kepada 12.500 anak pekerja peserta jamsostek, beasiswa sebesar Rp2,8 miliar kepada dua ribu anak tidak mampu dari seluruh Indonesia, pinjaman sebesar Rp6,5 miliar untuk 65 koperasi pekerja, kartu Jamsostek kepada sejumlah perwakilan tenaga kerja luar hubungan kerja, pinjaman uang muka perumahan Rp90 miliar untuk enam ribu pekerja peserta jamsostek.

Selain itu pihak P.T. Jamsostek juga menyerahkan secara simbolis santunan jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan jaminan hari tua, pinjaman kemitraan sebesar Rp28,74 miliar untuk tiga ribu pengusaha kecil dan menengah seluruh Indonesia.

Pihak Bank BNI menyerahkan bantuan pinjaman kepada calon mitra binaannya melalui program Kredit Usaha Rakyat dan Kredit Kepada Lembaga Keuangan.

Bank Mandiri menyerahkan secara simbolis bantuan Kredit Usaha Mikro Serbaguna sebesar Rp21,74 miliar untuk 3.012 orang se-Kabupaten Magelang dan Kredit Koperasi Mandiri sebesar Rp38,20 miliar kepada 4.770 anggota, Pinjaman Mitra Karya sebesar Rp51 miliar kepada 49 debitur, dan Kredit Usaha Rakyat sebesar Rp33,5 miliar kepada 2.154 orang se-Kabupaten Magelang.

Presiden SBY juga akan menyerahkan bantuan sembako kepada perwakilan masyarakat setempat sedangkan Ibu Negara Ani Yudhoyono menyerahkan secara simbolis bantuan 50 ribu pohon penghijauan dan mobil pintar kepada Pemkab Magelang, kata Asfuri Muhsis. (*)

Tidak ada komentar: